7 Hal yang bikin warna kotoranmu tiba-tiba menghitam

Hallo sobat aku pengen sehat,sebelum kita membahas artikel ini. Ijikan admin mohon maaf,tentang artikel kali ini membahas agak sedikit jorok. Apakah kamu biasanya memperhatikan warna kotoran yang keluar dari tubuhmu? Biasanya saat buang air besar, warna kotoran yang umum adalah kuning kecokelatan. Dalam dunia kedokteran, warna kotoran yang cokelat bersifat normal.

Namun apa jadinya jika warna kotoran yang keluar adalah hitam? Ada beberapa alasan medis yang menjadi dasar kenapa warna kotoran bisa jadi berwarna hitam dan berbau tidak enak. Contohnya adalah sakit perut, diare, atau demam.

Selain faktor tersebut, berikut adalah beberapa hal lainnya yang membuat warna kotoran jadi hitam seperti  berikut ini.

1. Bakteri Usus

Bakteri ini biasanya berkembang di lapisan dalam perut atau usus halus. Munculnya bakteri ini dipengaruhi karena kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, atau sering minum obat kimia. Akibatnya kotoran jadi berwarna hitam.

2. Tumor

Tumor ganas yang menyerang pencernaan orang dewasa juga bisa menyebabkan kotoran jadi menghitam. Tumor ganas di tenggorokan pun menimbulkan efek yang sama.

3. Kanker

Beberapa jenis kanker yang menyerang tubuh manusia bisa menyebabkan kotoran jadi berwarna hitam. Salah satu contohnya adalah kanker perut.

Gejala awal dari kanker perut ditandai dengan kotoran yang menghitam. Sebab kanker ini membuat sel-sel sehat berubah menjadi kanker di lapisan dalam perut.

4. Varises oesophageal
Kamu juga bisa mengalami varises di pembuluh darah yang terletak di usus. Darah pun jadi tersumbat dan membuat vena membengkak. Akhirnya terjadi pendarahan dan mempengaruhi warna kotoran yang keluar.
5. Kolitis
Kolitis adalah istilah saat usus besarmu meradang. Dan ya, kondisi ini akan mengakibatkan kotoran menghitam.
6. Gastritis 
Gastritis merupakan kondisi dimana lapisan perut meradang. Hasilnya kotoran akan berwarna hitam. Jika dibiarkan maka lama-kelamaan akan membentuk bisul di perut.
7. Kerusakan Hati

Kerusakan hati yang terjadi karena konsumsi alkohol berlebihan juga bisa membuat kotoran menghitam. Sebabnya konsumsi alkohol bisa membuat hati meradang dan bengkak.

Jadi, apakah kotoranmu berubah warna jadi menghitam? Bisa jadi salah satu faktor di atas jadi sebabnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »