5 Jenis Kanker Paling Mematikan di Dunia

Aku Pengen Sehat - Ketika berbicara mengenai kanker, maka itu seakan menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang. Tak heran, pasalnya kanker adalah pembunuh nomor satu di dunia. Kurangnya kesadaran dan sering mengonsumsi Junk Food,jadi asalan utama. Lebih-lebih,kanker mangancam anak muda,karena gaya hidup yang tidak sehat.

Hasil studi di Amerika,setidaknya ada 5 Jenis Kanker Paling Mematikan di Dunia.

Yuk simak :

1. Liver atau Kanker Hati

Kita pasti sudah tahu bahwa fungsi organ hati dalam tubuh manusia adalah untuk memerangi racun yang masuk, termasuk alkohol dalam darah. Selain itu, hati juga berfungsi memproduksi dan melepaskan gula sebagai energi tubuh, menjaga pencernaan, serta membantu bekuan darah. Jika ada kanker yang berkembang di hati dan terus membusuk, maka dapat mengancam nyawa. Diprediksikan kanker hati akan membunuh setidaknya 27.000 orang.

2. Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan kanker yang paling umum di kalangan wanita. Pada akhir-akhir ini marak terjadi. Kanker Payudara terjadi tahun 2013, hampir 231.000 wanita di Amerika Serikat positif dan sebanyak 41.000 jiwa melayang karena penyakit ini. Jangan salah, kanker payudara ternyata juga menyerang pria juga, lho!

Para ahli selalu mengatakan tidak mudah,apa yang penyebab terjadinya Kanker Payudara. Tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risikonya, termasuk genetik, terapi penggantian hormon, alkohol, dan masih banyak lagi. Pertanda awal seseorang yang mengidap penyakit ini adalah adanya benjolan di sekitar payudara. Kanker ini menduduki peringkat ke-4 sebagai kanker paling mematikan.

3. Kanker Pankreas

Berdasarkan estimasi tahun ini, paker pankreas akan membunuh hampir 42.000 jiwa hingga akhir 2016. Proyeksi yang tinggi ini membuat kanker pankreas berada di posisi ke-3 sebagai kanker paling berbahaya di Amerika Serikat. Yang lebih mengerikan lagi adalah tidak ada tes yang dapat diandalkan bagi mereka yang mengalami gejala kanker pankreas. Hal ini jelas membuat sulit para dokter untuk mendiagnosis sebelum itu berkembang secara substansial.

Beberapa orang mungkin mengalami rasa sakit di perut bagian atas atau belakang, kehilangan nafsu makan, kelelahan, dan kurang bertenaga. Namun yang dapat meningkatkan risiko kanker pankreas adalah tingkat konsumsi tembakau bagi para perokok aktif.

4. Kanker Kolorektal

Kanker ini diproyeksikan menjadi paling mematikan kedua bagi pria dan wanita di Amerika Serikat tahun ini. Diketahui, sebuah riset mengungkapkan bahwa ada sekitar 136.000 pria dan wanita yang didiagnosis dengan kanker ini pada tahun 2013 lalu. Jumlah tersebut menyebabkan 52.000 korban meninggal di tahun yang sama. Di tahun ini, sebenarnya diprediksi menurun, dengan hanya 134.000 kasus dan korban meninggal 49.000 jiwa.

Kanker jenis ini biasanya dimulai dengan pertumbuhan abnormal (polip) di usus besar atau rektum. para ahli menjelaskan, hal tersebut jika dibiarkan akan menjadi kanker dari waktu ke waktu. Penyakit ini paling umum menyerang orang yang berusia 50 tahun ke atas. Penyebabnya adalah kebiasaan hidup yang tidak sehat, berat badan berlebih, dan juga tidak melakukan olahraga.

5. Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru adalah penyebab nomor satu kematian bagi wanita dan pria di Amerika Serikat. Tak heran jika kanker paru-paru menempati urutan pertama sebagai kanker paling mematikan tahun 2016. Di tahun ini, diprediksi kanker paru-paru akan membunuh 158.000 orang di Amerika Serikat hingga penghujung 2016.

Tak dipungkiri, penyebab utama adalah merokok, yang mampu menjadi faktor paling besar dengan kemungkinan 80-90 persen dari seluruh penderita kanker paru-paru. Namun bukan hanya perokok saja yang dapat terserang penyakit ini. Radon, gas alami yang berasal dari kotoran dan batu memberikan kontrbusi dalam sejumlah besar kasus.

Terima kasih telah berkunjung,setidaknya masih banyak kanker yang belum di ketahui akibatnya. Yuk sadar diri,jaga kesehatan.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »