Mengapa perlu lakukan check-up kesehatan sebelum menikah?

Aku Pengen Sehat - Pernikahan adalah keinginan dua orang yang saling jatuh cinta,untuk meneruskan keturunan atau mungkin menghindarkan dari Gosip dan fitnah yang sangat kejam.

Perlu diketahui,Mengapa perlu lakukan check-up kesehatan sebelum menikah?

Apa itu premarital check-up?

Premarital check-up didefinisikan sebagai pemeriksaan yang dilakukan pada pasangan yang akan menikah untuk mengidentifikasi apakah ada gen pembawa penyakit di dalam darahnya seperti sickle-cell anemia, atau penyakit infeksi lain seperti Hepatitis B, C dan HIV/Aids.

Mengapa perlu melakukan premarital check-up?

Hal ini akan memberikan Anda dan pasangan konsultasi medis terkait penyakit-penyakit menular dan pilihan yang menolong Anda membangun keluarga sehat yang sempurna.
Premarital check-up juga membantu pasangan menjaga satu sama lain, jika Anda menemukan penyakit yang diderita suami Anda dan kemungkinan tekanan darah yang tinggi Anda akan dapat mulai merencanakan diet yang sehat setelah pernikahan.

Kondisi kesehatan apa saja yang perlu dilakukan check-up?
  • Umumnya, akan dilakukan tes darah dan analisis hemoglobin, untuk memeriksa apakah Anda memiliki abnormalitas dalam darah seperti thalassemia.
  • Erythrocyte Sedimentation Rate (ESR) dilakukan untuk mengetahui apakah adanya proses inflamasi.
  • Golongan darah dan tes faktor rhesus untuk mengetahui kemungkinan golongan darah pada bayi yang berguna untuk mempersiapkan kehamilan.
  • Tes urine lengkap untuk mengawasi fungsi ginjal dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan ginjal dan kandung kemih.
  • Tes gula darah untuk mengetahui kemungkinan adanya diabetes mellitus.
  • Tes HBsAG untuk mengetahui kemungkinan adanya penyakit syphilis.
  • Tes Torch untuk mendeteksi penyebab infeksi yang disebabkan oleh jamur toxoplasma, virus rubella, virus cytomegalo (CMV), virus herpes yang dapat berpengaruh pada janin atau kelahiran bayi yang prematur.
Jadi, apakah premarital check-up memang diperlukan?
Ya, check-up ini sangat disarankan. Lewat premarital check-up, Anda dan pasangan akan dipersiapkan pada hal atau kondisi medis yang mungkin dihadapi di masadepan, dan akan lebih baik merawatnya agar keadaan bisa ditanggulangi dengan lebih baik dan cepat. 
Terima kasih telah berkunjung dan mempercayakan blog ini,jadi referensi anda. Semoga bermanfaat,dan terima kasih juga dari beberapa sumber yang jadi inspirasi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »