Ciri-ciri Penyakit Rematik & Penyebab Rematik Serta Cara Mengatasinya

Aku Pengen Sehat - Hallo sobat,Penyakit rematik,merupakan jenis penyakit yang banyak orang tidak kenal tanda-tandanya,padahal rematik adalah penyakit yang harus di atasi dan di cegah dengan cepat karna berbahaya
karna rematik ternyata juga dapat menyebabkan lumpuhnya anggota badan bagi penderitanya bila telah kronis
   

sampai saat ini di dunia modern rematik belum diketahui penyebabnya,namun benar dipicu oleh perubahan hormon pada manusia


contohnya wanita lebih rentan terkena rematik dibanding pria

dalam istilah medis,rematik biasa disebut dengan rheumatoid arthritis atau (RA) yaitu peradangan yang terjadi di sendi kronis yang dikarenakan oleh gangguan autoimun atau gangguan kekebalan pada tubuh.


gangguan autoimun ini berfungsi sebagai pertahanan badan terhadap penyusup seperti bakteri,virus,dan jamur yang mampu menyerang jaringan tubuh sendiri

selain disebut dalam bahasa ilmiahnya rheumatismos ada juga bahasa lainnya seperti reumatik atau orang indonesia sering bilang rematik ini secara harfiah dan umum sering di artikan sebagai kondisi kerusakan sendiri
karna tersendatnya proses perbaikan secara terus menerus

jenis- jenis penyakit rematik


Artritis Rematoid

Artritis Rematoid merupakan Jenis Penyakit Rematik yang biasanya menyerang persendian tangan dan kaki. Gejalanya adalah terjadi peradangan, sehingga terjadi pembengkakan, nyeri dan seringkali akhirnya menyebabkan kerusakan bagian dalam sendi Secara simetris. Rematik jenis juga banyak dialami oleh pada wanita daripada pria, dan mulai dirasakan pada usia 25.

Polimialgia Reumatik
Polimialgia Rematik adalah jenis rematik dengan gejala rasa kekakuan dan nyeri hebat pada bagian otot leher, bahu, panggul terutama pada pagi hari dan banyak dirasakan pada usia lanjut sekitar 50 tahun keatas. Polimialgia Reumatik disebabkan karena kelelahan fisik akibat pekerjaan dengan beban berat. Jenis Penyakit Rematik ini biasanya akan disertai rasa demam, penurunan nafsu makan yang drastic, depresi dan penurunan berat badan.


Osteoartritis
Merupakan penyakit rematik yang biasa dialami manusia dengan usia diatas 40 tahun. Jenis Penyakit Rematik ini disebabkan karena menurunnya sistem kerja atau fungsi dari tulang sendi atau adanya kerusakan pada tulang rawan sendi. Osteoartritis ditandai dengan rasa nyeri, deformitas atau pembesaran sendi, lambatnya gerak pada sendi terutama pada bagian tangan dan tulang sendi besar yang biasa menanggung beban. Penyakit Rematik Jenis Osteoartritis lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria, hal ini dikarena wanita mudah sekali mengalami penurunan hormon. Penyebab lain dari Osteoartritis karena kelainan tulang, kepadatan tulang yang tidak seimbang dan obesitas. Tulang yang lebih padat (keras) tidak membantu mengurangi benturan beban yang diterima oleh tulang rawan sendi. Akibatnya tulang rawan sendi menjadi lebih mudah rusak.

Artritis Gout
Artritis Gout biasa dikenal dengan asam urat atau penyakit pirai. Perlu diketahui bahwa Penyakit asam urat berhubungan erat dengan Jenis Rematik ini, karena kedua penyakit ini saling berinteraksi satu sama lain, dan karena asam urat juga sering menyerang persendian dan urat-urat halus dari sel-sel syaraf yang tehubung dengan tulang. Apabila Jenis Rematik yang lain sering terjadi pada wanita, namun untuk Artritis Gout lebih banyak menyerang pada pria. Gejala Artritis Gout biasanya mulai dirasakan ketika memasuki usia lanjut diantara 45-60 tahun keatas.


Berikut ciri ciri penyakit rematik yang paling umum terjadi adalah :


  Bengkak dan nyeri (nyeri pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh) dan umumnya menyerang sendi pergelangan tangan.

  •     Kaku pada persendian baik itu tangan, kaki, lutu, pinggang dan lain lain.
  •     Sakit atau radang dan terkadang bengkak dibagian persendian pergelangan jari, tangan, kaki, bahu, lutut (dengkul), pinggang, punggung dan sekitar leher.
  •     Bengkak pada 3 atau lebih sendi pada saat yang bersamaan
  •     Sakit rematik dapat berpindah-pindah tempat dan bergantian bahkan sekaligus di berbagai persendian.
  •     Bengkak dan nyeri umumnya terjadi pada sendi-sendi tangan
  •     Sakit rematik biasanya kambuh pada saat cuaca mendung saat mau hujan atau setelah mengkonsumsi makanan pantangan seperti : sayur bayam, kangkung, kelapa, santan.


Apabila anda sudah sering merasakan beberapa ciri ciri penyakit rematik diatas maka segeralah lakukan penceghan sejak dini dengan bergaya hidup sehat, makan teratur, asupan gizi yang seimbang, olaharaga teratur, istirahat yang cukup, serta bisa mengkonsumsi obat rematik tradisional dari ace maxs sebagai cara mencegah dan mengobati secara alami.

Beberapa Tips Kesehatan Dalam Mencegah Penyakit Rematik :
  1.     Hindari makanan yang banyak mengandung banyak purin antara lain daging, telur, kaldu, kacang-kacangan, tauge, jeroan hewan, cumi, kepiting, udang, kerang.
  2.     Kurangi mengkonsumsi sayur yang berwana hijau seperti kangkun, bayam, kembang kol, daun singkong, asparagus, dan buncis.
  3.     Kurangi konsumsi buah buahan seperti durian, alpukat, dan nanas.
  4.     Hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol seperti bir, wiski, anggur, tuak, tape.
  5.     Konsumsi makanan rendah kalori seperti apel, semangka.
  6.     Lebih banyak meminum air putih dan obat herbal alami dari ace maxs untuk membantu mengobati secara alami tanpa efek samping juga mengeluarkan zat purin dan menjaga kadar asam urat pada tubuh.
  7.     Kurangi berat badan yang berlebihan agar terhindar resiko serangan asam urat
  8.     Lakukan olahraga ringan setiap pagi hari dengan teratur
  9.     Istirahatlah yang cukup
  10.     Konsumsi herbal alami untuk meredakan reumatik


Terima kasih atas kunjungan sobat aku pengen sehat,jangan lupa jaga kesehatan anda. Semoga bermanfaat,dan jangan lupa share ya !!!!


 Tag : 

Aku Pengen sehat
Reumatik
Rematik
Jenis-jenis Penyakit
Cara mengetahui penyakit
 Resiko Rematik
Berolahraga
 Tips mencegah Rematik


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »