16 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Aku pengen Sehat - Sibuk akan aktivitas pekerjaan sehari-hari,dapat melupakan seseorang terhadap kesehatan dirinya. Kebanyakan dari kita hanya berpikir, asal perut kenyang dan enak, itu sudah cukup, tanpa melihat nutrisi dari makanan yang dimakan, salah satunya asupan protein.


Protein merupakan salah satu nutrisi essensial yang penting bagi pembentukan sel-sel tubuh. Mulai dari pertumbuhan otot, peremajaan kulit, petumbuhan rambut, hingga produksi enzim dan hormon tubuh. Disamping berfungsi untuk membangun tubuh, protein juga sangat penting bagi kesehatan kita

Protein terdiri dari beberapa asam amino, yang mana sebagian dapat diproduksi oleh tubuh dan sebagian lagi tidak. Asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh disebut dengan asam amino essensial, dapat kita peroleh dari makanan.
Dibandingkan dengan protein dari tumbuhan, protein hewani seperti daging, ikan, susu, keju, dan telur mengandung semua 9 asam amino essensial yang diperlukan tubuh.

Berikut adalah beberapa sumber makanan yang mengandung protein tinggi, yang penting bagi kesehatan tubuh.


1. Daging Merah
Konsumsi daging merah seperti daging sapi, kambing dan domba baik untuk tubuh. Selain sebagai sumber protein, daging merah juga penting sebagai sumber vitamin B12 dan zat besi heme. Vitamin B12 merupakan vitamin yang sulit ditemui pada tumbuhan. Oleh karena itu, orang yang hanya mengkonsumsi protein nabati memiliki resiko kekurangan vitamin B12.
Zat besi terdapat dalam 2 bentuk: heme dan non-heme. Zat besi heme adalah tipe zat besi yang lebih mudah untuk diserap oleh tubuh dibandingkan dengan non-heme. Oleh sebab itu, konsumsi daging merah baik untuk memastikan kecukupan zat besi pada tubuh.
2. Daging Putih
Ayam merupakan salah satu contoh sumber protein dari daging putih. Sama halnya dengan daging merah, ayam juga mengandung lemak dan kolesterol. Lemak ayam banyak terdapat pada kulit dan bagian paha ayam, oleh sebab itu pilihlah bagian dada ayam.
3. Telur
Telur adalah salah satu makanan favorite dan sehat untuk dikonsumsi saat sarapan di pagi hari. Selain menyehatkan, telur juga merupakan sumber protein ideal bagi tubuh. Mengapa? Karena kualitas protein dinilai dengan beberapa parameter, salah satunya adalah biological value (BV).
Semakin tinggi nilai BV artinya protein semakin mudah protein terserap dalam tubuh. Dibandingkan dengan sumber protein lainnya, nilai BV (telur) adalah yang paling tinggi, yaitu 100.
4. Apel
Pernahkan kita mendengar anjuran makan apel secara rutin agar memperoleh tubuh kuat? Dari penelitian menunjukan hubungan kuat antara apel dengan kesehatan tubuh, dimana banyak sekali manfaat bagi kesehatan, misalnya menguatkan sistem kekebalan. Keampuhan ini karena apel adalah sumber protein nabati yang baik untuk tubuh.
5. Susu
Susu merupakan sumber protein terbaik karena memiliki BV hampir sama dengan telur. 80% protein yang terdapat pada susu merupakan protein kasein, sedangkan 20% sisanya adalah protein whey.
Kombinasi kedua jenis protein ini akan mengoptimalkan latihan sixpack Anda. Protein whey dapat diserap dengan cepat oleh tubuh sehingga cocok untuk dikonsumsi sebelum latihan. Sebaliknya, efek slow release dari protein kasein baik untuk mempertahankan kandungan protein selama Anda tidur.
6. Yougurt Yunani
Greek yougurt merupakan tipe yougurt lembut. Kandungan proteinnya dua kali lebih banyak dari tipe biasa. Disamping itu, bagi penderita lactose intolerance (rentan terhadap protein susu), dimana konsumsi susu dapat menyebabkan diare, mengkonsumsi yougurt jadi solusinya. Hal ini memungkinkan karena laktosa pada yoghurt sudah dipecah melalui proses fermentasi.
7. Lentils
Jika diantara kita ada yang vegetarian, lentils merupakan sumber makanan protein terbaik bagi tubuh. Bahkan, ada yang menyebutkan, lentils adalah salah satu sumber protein nabati terbaik. Sayuran ini mengandung serat yang mudah larut, namun rendah kolesterol. Selain itu, kandungan vitamin B dan folat sangat baik bagi ibu yang sedang hamil.
8. Quinoa
Quinoa merupakan biji bijian yang populer saat ini, menjadi salah satu makanan super dunia. Seperti biji gandum lainnya, Quinoa kaya akan asam amino essensial, sumber protein tinggi nabati. Selain itu, bersama-sama zat lain seperti kalsium, tembaga, zat besi, potasium, Quinoa dapat mencegah berbagai penyakit sepeti diabetes tipe-2, asma, serangan jantung, dan batu empedu.
9. Brokoli
Salah satu sumber protein nabati terbaik yang banyak disarankan para ahli, yakni brokoli. Brokoli merupakan sayuran hijau yang kaya akan protein, vitamin dan nutrisi. Satu cup brokkoli mengandung 4 gram protein!! Lalu, vitamin C, K, serat dan potasium, menjadikannya makanan penangkal serangan kanker.
10. Kacang Kedelai
Selain kaya akan protein, kacang kedelai juga kaya akan zat iso-flavones, yakni substansi seperti estrogen, yang membantu mencegah kanker dan osteoporosis. Beberapa studi menunjukan bahwa kacang kedelai mampu menurunkan resiko kanker payudara.
11. Seafood
Tentunya kita semua sudah tahu kalau makanan laut atau seafood merupakan makanan tinggi protein. Namun, berbeda dengan daging, kita tidak perlu kuatir akan kandungan lemak pada seafood. Beberapa jenis seafood, seperti ikan gindara memiliki kadar lemak yang sangat rendah. Ikan lainnya seperti salmon dan tuna memiliki kandungan lemak yang cukup banyak, namun jangan kuatir karena lemak yang terkandung di dalamnya merupakan lemak baik Omega 3.
12. Pisang
Selain baik untuk diet harian, pisang juga termasuk salah satu sumber protein terbaik, khususnya bagi mereka yang suka melakukan olahraga. Rata-rata dalam 100 gram pisang terkandung 4 gram protein.
13. Edamame
Edamame disebut juga kacang kedelai hijau, adalah salah satu sayuran hijau tahan dingin, yang didalamnya terkandugn protein yang baik untuk tubuh. Selain protein, tanaman ini juga mengandung vitamin, mineral dan serat. Faktanya, protein pada edamame, sangat tinggi dan tidak ditemukan pada sayuran lainnya.
14. Bayam
Bayam adalah sayuran kaya protein lainnya. Semangkuk bayam mengandung 5 gram protein. Tidak salah, jika bayam sering dimakan popay si pelaut untuk menguatkan otot-otot lengannya saat mengalami masalah. hehe
15. Selai Kacang Tanah
Mengolesi roti dengan selai kacang untuk sarapan dipagi hari sungguh keputusan yang tepat. Karena, dibalik rasanya yang gurih, manis dan lezat, selai kacang mengandung protein yang cukup tinggi. Hampir semua kacang-kacangan merupakan sumber protein.
16. Alpukat
Terakhir ada alpukat. Buah ini memiliki kandungan protein cukup tinggi yang baik untuk setiap kalangan usia. Tidak seperti makanan tinggi protein diatas, alpukat mudah dicerna, dapat dibuat jus, bernutrisi dan tentunya proteinnya mudah diserap tubuh.
Demikian keenam belas makanan berprotein tinggi, semoga informasi kali ini bermanfaat bagi kita semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »