Cara Mengetahui Gejala Awal Ginjal Anda Mulai Tidak Normal


Aku Pengen Sehat - Banyak orang tidak mengetahui gejala ginjal,karena tiba-tiba saja kondisi ginjal mereka telah terkena penyakit ginjal kronis karena tak pernah mengetahui gejalanya. Karena perlu Anda ketahui jika gejala penyakit ginjal sangat tidak mudah terdeteksi dan hampir mirip dengan penyakit lainnya.

Tahukah Anda jika gangguan pada ginjal biasanya disebabkan oleh penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi. Ada baiknya untuk sedia payung sebelum hujan dan mengetahui gejala jika ginjal Anda mulai bermasalah, segera periksakan diri bila gejala-gejala ini Anda rasakan.

Cara Mengetahui Gejala Awal Ginjal Anda Mulai Tidak Normal

Perubahan pola buang air kecil

Ginjal memproduksi urine, karena itu ketika ginjal bermasalah maka terjadi perubahan pola buang air kecil. Misalnya saja sering kencing di malam hari, urine berbusa, lebih sering kencing, atau justru jadi jarang buang air kecil.

Bengkak

Ginjal yang bermasalah tidak akan bisa melakukan fungsinya dalam membuang kelebihan cairan. Akibatnya, cairan akan menumpuk dan menyebabkan bengkak di kaki, telapak, tangan, atau wajah.

Mudah lelah

Ginjal yang sehat menghasilkan hormon yang disebut erythropoietin (EPO), yang akan memerintahkan tubuh mengirimkan oksigen yang dibawa oleh sel darah merah. Jika ginjal rusak, organ ini akan menghasilkan sedikit EPO sehingga otot dan otak pun lebih gampang lelah. Pasien juga akan mengalami kelelahan sepanjang hari dan banyak tidur.

Gatal dan ruam kulit

Ginjal bertugas membuang sisa-sisa metabolisme dari peredaran darah. Ketika ginjal rusak, akan terjadi penumpukan zat sisa di darah dan menyebabkan gatal-gatal.

Napas menjadi berat dan sesak

Sesak dan berat saat bernapas yang terkait dengan ginjal bisa disebabkan oleh kelebihan cairan tubuh juga menumpuk di paru, serta anemia.

Semoga bermanfaat,terima kasih telah berkunjung. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »