Tips Cara Menggendong Bayi Sesuai Usianya


Aku Pengen Sehat-Hallo bunda,memiliki anak kecil memang menyenangkan. Karena itu masa-masa lucunya,banyak orang-orang yang ingin mengendong anak bunda kan?. Mengendong anak,memang sangatlah sepele. Semua orang bisa tuh,namun jika salah tumpuan tangan,badan,serta kaki,itu berakibat fatal lho.

Yuk simak Tips Cara Menggendong Bayi Sesuai Usianya

Usia 0 - 3 bulan
Pada fase usia ini tulang bayi masih sangat lemah. Untuk itu posisi gendongan yang terbaik adalah dengan membaringkannya di lengan kita. Satu lipatan siku kita untuk menopang leher dan kepalanya sementara tangan yang lain untuk menopang punggung dan juga pantatnya.

Usia 4 bulan
Pada usia ini posisi menggendong hampir sama dengan fase 0-3 bulan, hanya saja pada fase ini bayi dapat sesekali didudukkan pada pangkuan kita dengan kepala yang bersandar di dada dan menghadap ke depan.

Usia 5 bulan
Bayi dengan usia 5 bulan biasanya sudah mampu untuk menopang kepalanya sendiri sehingga kita dapat menggendongnya di pinggang kita dengan kaki bayi yang melingkar pada pinggul dan kita cukup topang hanya dengan satu tangan.

Usai 6 bulan
Pada fase usia ini menggendong di punggung sudah dapat dilakukan karena bayi sudah mulai sempurna dalam menopang kepalanya sendiri. 

Fase-fase tersebut sangatlah penting untuk diketahui agar dapat meminimalisir terjadinya terkilir atau patah tulang pada bayi saat menggendongnya. Jadi kita bisa memberikan rasa aman dan juga nyaman pada bayi kita dan yang paling penting adalah saat menggendong bayi sebaiknya kita tidak mendekapnya terlalu erat agar bayi merasa nyaman. Dan juga sebisa mungkin untuk meminimalisir goncangan yang terlalu keras saat menggendong atau menimang bayi karena akan berakibat fatal pada otaknya.

Semoga bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »